Senin, 25 April 2011

Monera


Monera merupakan kelompok organisme yang diperkenalkan pada tahun 1956 oleh Copeland. Monera berasal dari kata Yunani yaitu moneres yang berarti tunggal. Monera merupakan organisme yang sebagian besar mempunyai ciri-ciri:
-          Ukuran mikroskopis
-          Bersel tunggal (uniseluller)
-          Tidak memiliki membran inti sel (prokariotik)
Kingdom monera terdiri dari dua kelompok, yaitu :
1.      Archabacteria
2.      Eubacteria, terdiri dari :
-          Bakteri
-          Cyanobacteria
Ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan bakteri disebut Bakteriologi.
Bakteri
            Bakteri berasal dari kata Bakterion yang berasal dari bahasa yunani yang artinya batang kecil. Di dalam klasifikasi bakteri, digolongkan dalam Divisio Schizomycetes.
Ukuran dan Bobot Bakteri
            Satuan ukuran bakteri adalah mikro meter (µm) yang setara dengan 1/1000 mm atau 10-3 mm. Bakteri yang paling umum dipelajari di dalam praktikum mikrobiologi dasar berukuran 0,5-1,0 x 2,0-5,0 µm. Sampai saat ini bakteri yang paling kecil yang diketahui adalah Mycoplasma sp. yang berukuran 0,12 µ dan yang terbesar yaitu Thiomargarita sp. dengan ukuran 200 µ.
            Berat bakteri rata-rata 2 x 10-12 gram dengan berat jenis 1,04-1,10. Bakteri mengandung air 70-89 %.
Bentuk Bakteri
            Bentuk dasar sel bakteri ada tiga, yaitu :
1.      Bulat (coccus/ellipsoidal/spherical)
Coccus muncul dalam beberapa penataan yang khas bergantung kepada spesiesnya.
-          Monococcus, yaitu bakteri bersel tunggal. Contohnya : Chlamydia trachomatis
-          Diplococci, yaitu bakteri bersel dua berdempetan. Contohnya : Neisseria gonorhoea, Diplococcus pneumoniae
-          Tetracocci, yaitu empat sel bakteri berdempetan berbentuk segiempat. Contohnya : Pediacoccus cereviceae
-          Sarcina, yaitu delapan sel bakteri berdempetan berbentuk kubus. Contohnya : Thiosarcina rosea, Sarcina ventriculi
-          Streptococci, yaitu empat atau lebih sel bakteri berdempetan berbentuk rantai. Contohnya : Streptococcus mutans, Streptococcus pyrogenes
-          Staphylococci, yaitu empat atau lebih sel bakteri berdempetan dan bergerombol berbentuk anggur. Contohnya : Staphylococcus aureus
2.      Batang (bacil/cylindrical/rod like)
Sel bakteri berbentuk silindris atau seperti batang dinamakan bacil.
-          Monobacil, yaitu satu sel bakteri. Contohnya : Eschericia coli, Proponibacterium acnes
-          Diplobacil, yaitu dua sel bakteri berdempetan.
-          Streptobacil, yaitu empat atau lebih sel bakteri berdempetan berbentuk rantai. Contohnya : Bacillus anthracis, Azobacter sp.
3.      Spiral (helicoidal)
-          Spiral, yaitu sel bakteri berbentuk seperti spiral. Contohnya : Thiospirilopsis floridana
-          Spiroseta, yaitu sel bakteri berbentuk seperti skrup. Contohnya : Treponema palidum
-          Vibrio, yaitu sel bakteri berbentuk seperti tanda baca koma. Contohnya : Vibrio cholera
Struktur dan Fungsi Bakteri
            Struktur dan fungsi bakteri dapat dibagi menjadu dua, yaitu :
1.      Struktur dan fungsi dasar, yang terdiri dari :
-          Dinding sel
Berfungsi sebagai pelindung dan pemberi bentuk bakteri, mengandung 10-40% bahan kering, tersusun dari Peptidoglikan yaitu gabungan peptida/protein dan polisakarida. Berdasarkan ketebalan peptidoglikan dinding sel, bakteri dibedakan menjadi :
·         Gram positif
·         Gram negatif
-          Membran plasma
Membran ini menyelubungi sitoplasma. Membran plasma terdiri dari phospolipid dan peptida. Membran plasma ini bersifat selektif permeable dan berfungsi untuk mengatur pertukaran gas antara sel dengan lingkungan, Bila membran plasma ini rusak, maka bakteri akan mati.
-          Sitoplasma
Merupakan cairan sel. Sitoplasma bakteri tidak banyak mengandung organel seperti pada eukariot. Sitoplasma ini mengandung ribosom, DNA, dan granula penyimpanan.
-          Ribosom
Merupakan organel yang tersebar dalam sitoplasma. Ribosom tersusun dari Protein dan RNA. Ribosom berfungsi sebagai sisntesis protein.
-          DNA
Merupakan materi pembawa informasi genetik. DNA bakteri berupa rantai tunggal berbentuk melingkar (nukleotid). Beberapa bakteri mempunyai tambahan DNA melingkar lain yang lebih kecil disebut plasmid.
-          Granula Penyimpanan
Mengandung nitrogen, karbohidrat, dan lemak. Granula penyimpanan mempunyai afinitas yang tinggi terhadap zat warna. Berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan.
2.      Struktur dan fungsi tambahan
-          Kapsul atau lapisan lendir
Adalah lapisan di luar dinding sel pada jenis bakteri tertentu. Jika lapisan tersebut tebal maka disebul kapsul, dan jika tipis maka disebut lapisan lendir. Kapsul dan lapisan lendir tersusun dari polisakarida (glukosa, fruktosa, galaktosa) asam amino, dan air. Keduanya berfungsi untuk membantu sel bakteri melekat pada suatu permukaan atau dengan sel bakteri lainnya. Kapsul juga berfungsi sebagai pelindung dan cadangan makanan, serta ada hubungannya dengan virulensi.
-          Flagellum (flagela)
Disebut juga bulu cambuk. Flagella berfungsi sebagai alat gerak merupakan rambut cambuk yang sangat halus, keluar dari cytoplasma dan panjangnya beberapa kali tubuhnya. Dengan adanya flagella memungkinkan bakteri bergerak ke arah yang menguntungkan atau menghindari lingkungan yang merugikan. Namun tidak semua bakteri mempunyai flagella. Misalnya bakteri bentuk bulat tidak memilki flagella kecuali Sarcina afilis. Bakteri berbentuk batang sebagian memiliki flagella dan sebagian tidak memiliki flagella. Bakteri berbentuk spirilla memiliki flagella. Flagella dapat dilihat dengan metode pewarnaan Leifson’s. Dan terdiri dari protein yang analog dengan myosin.
Terdapat lima golongan bakteri berdasarkan flagella, yaitu :
1.      Atrichous
2.      Monotrichous
3.      Lopotrichous
4.      Amphitrichous
5.      Peritrichous
-          Pilus (pili) dan Fibria
Pilus merupakan struktur berbentuk seperti rambut halus yang menonjol dari dinding sel. Pilus mirip flagella, namun lebih pendek dan kaku serta berdiameter lebih kecil. Pilus tersusun dari protein, yang berfungsi sebagai penghubung ketika bakteri melakukan konjugasi (pertukaean metri genetik). Selain itu, pilus juga berfungsi sebagai pelekat antara sel bakteri yang satu dengan yang lainnya. Pilus hanya terdapat pada bakteri Gram negatif seperti Escherichia coli.
Fimbria (fimbriae) merupakan struktur sejenis pilus namun lebih pendek dari pilus.
-          Klorosom
Merupakan struktur yang berada tepat dibawah membran plasma. Klorosom mengandung pigmen klorofil dan pigmen lainnya untuk fotosintesis. Dan hanya terdapat pada bakteri yang melakukan fotosintesis. Contohnya : Chlorobium sp. (bakteri hijau)
-          Vakuola Gas
Terdapat pada bakteri yang hidup di air dan melakukan fotosintesis. Dan memungkinkan bakteri mengambang di air untuk memperoleh cahaya matahari sehingga fotosintesis dapat terjadi.
-          Endospora
Adalah bentuk istirahat (laten) dari beberapa jenis bakteri gram positif. Endospora terbentuk di dalam sel bakteri jika kondisi lingkungan tidak menguntungkan bagi kehidupan bakteri. Endospora berfungsi sebagai pertahanan diri. Dan mengandung sedikit sitoplasma, materi genetik, dan ribosom.
Ada tiga posisi endospora yaitu :
1.      Central
2.      Subterminal
3.      Terminal

Sumber :
Dasar-dasar Mikrobiologi (Michael J, Pelezar, Jr.)
http://kambing.ui.ac.id/bebas/v12/sponsor/Sponsor-Pendamping/Praweda/Biologi/0009%20Bio%201-2b1.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar